Selasa, 10 Agustus 2010

Rakyat Indonesia Menyambut Ramadhan

Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Meskipun bukan negara berlandaskan teokrasi Islam, namun nuansa Islam sangat kental di wilayah dengan jumlah penduduk lebih dari 220 juta jiwa ini. Sehingga, segala bentuk ibadah dan peringatan hari besar agama Islam selalu disambut dengan antusias oleh masyarakat Indonesia.

Tidak lama lagi, tanggal 1 Ramadhan 1431 Hijriah akan tiba. Tanggal yang secara masehi (mungkin) bertepatan dengan tanggal 11 Agustus 2010. Ini artinya bulan suci untuk berpuasa bagi umat beragama Islam segera datang. Bulan Ramadhan adalah bulan sakral bagi umat Muslim. Di bulan ini, segala sesuatu kebaikan akan mendapat pahala berlipat-lipat dibanding bulan-bulan yang lain. Sehingga momen seperti ini sangat tepat untuk menjaga ukhuwah Islamiyah, Insaniyah, dan melakukan tindakan-tindakan riil untuk memperbaiki bangsa Indonesia secara keseluruhan.

selamat menunaikan puasa bulan Ramadhan

Perintah puasa sendiri disebutkan dalam kitab suci agama Islam, Al Quransurat Al Baqarah ayat 183:
يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Banyak fenomena yang dianggap telah biasa di bulan Ramadhan di Indonesia. Masjid-masjid penuh oleh orang ibadah, lantunan Al Quran dimana-mana, sedekah bagi yang membutuhkan tak pernah habis, dan contoh-contoh lainnya. Namun ada juga kejadian lain yang mengikuti seperti harga-harga sembako dipastikan naik, banyak tayangan televisi yang menampilkan judul acara berkaitan dengan puasa, artis-artis diliput infotainment menyantuni anak yatim, penggerebekan "tempat hiburan" malam, dan peristiwa-peristiwa lain yang anda biasa mengetahuinya di bulan Ramadhan.

Seperti itulah kira-kira ulasan singkat mengenai Ramadhan. Semoga Ramadhan bukan hanya menjadi satu bulan berbeda dari sebelas bulan dalam setahun, melainkan harus menjadi bulan spesial yang mengilhami bulan-bulan lainnya. Mari kita jadikan puasa sebagai titik tolak membangun bangsa ini, mengembalikan persatuan dan kesatuan, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Artikel Lain:

Comments :

0 comments to “Rakyat Indonesia Menyambut Ramadhan”

Posting Komentar